Jumat, 25 Januari 2013

Cari Pekerjaan Baru Tanpa Ketahuan Si Bos

Ilustrasi : Reuters
Ilustrasi : Reuters
JAKARTA - Ketidakpuasan dengan pekerjaan yang sekarang menjadi salah satu faktor alasan banyaknya karyawan yang ingin mencari pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaannya saat ini.

Berdasarkan survei terbaru, terbukti lebih dari 25 persen karyawan menghabiskan setidaknya tiga jam seminggu selama di tempat kerja untuk mencari pekerjaan baru. Hampir seperempat dari mereka melakukan wawancara telepon dan 10 persen di antaranya tertangkap basah oleh atasan ataupun rekan kerjanya.

Namun, jika Anda ingin mencari pekerjaan baru tanpa diketahui oleh atasan Anda yang sekarang, Anda dapat mengikuti beberapa tips yang dilansir laman Guardian Careers, Jumat (25/1/2013).

Lakukan secara bertahap dengan perbaikan yang konsisten

Jangan menjadi karyawan yang bekerja lembur hingga larut malam dan kemudian meminta cuti beberapa hari setelahnya. Banjir aktivitas secara mendadak akan membuat atasan Anda curiga. Mulailah untuk meningkatkan kinerja Anda, terutama membangun keterampilan yang berguna untuk karir Anda ke depannya.

Mulai berpakaian yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan
Perhatikanlah berpakaian seperti apa yang biasanya dipakai oleh karyawan yang bekerja di perusahaan yang Anda inginkan dan mulailah berpakaian seperti mereka. Setidaknya jika perusahaan tersebut menyuruh Anda datang ke perusahaan mereka untuk melakukan wawancara kerja, Anda tidak perlu sibuk bertukar pakaian.

Pisahkan kepentingan pribadi dengan kepentingan kantor
Jika Anda mewakili perusahaan untuk menghadiri suatu acara yang dihadiri oleh berbagai perusahaan, jangan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda sedang mencari pekerjaan baru. Karena hal tersebut dapat membuat Anda terlihat sebagai orang yang tidak profesional.

Namun, Anda bisa memanfaatkan acara tersebut sebagai momen untuk membangun jaringan dengan orang-orang yang hadir dalam acara tersebut dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan-perusahaan yang menawarkan pekerjaan yang lebih baik. Kemudian, Anda dapat menghubungi mereka lebih lanjut mengenai pekerjaan yang Anda inginkan melalui email atau telepon. Hal terpenting untuk diingat yakni jangan berikan nomor telepon kantor kepada mereka, tapi berikanlah nomor telepon pribadi Anda.

Jangan terburu-buru mengundurkan diri
Janganlah terburu-buru untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada atasan. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan Anda sudah mendapatkan panggilan pekerjaan dari perusahaan lain.

Bijaksana dalam memilih pekerjaan dan perusahaan
Jangan mengirimkan surat lamaran ke suatu perusahaan tanpa mencari tahu informasi lengkap mengenai perusahaan tersebut. Mungkin saja atasan Anda yang sekarang menjadi salah satu atasan di perusahaan tempat Anda akan melamar. Jika hal tersebut terjadi, maka atasan Anda akan tahu jika Anda sedang mencari pekerjaan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar